Slide

Minggu, 14 Oktober 2012

Metode Psikologi Yang di Aplikasikan pada Teknologi Pendidikan


TUGAS
PSIKOLOGI UMUM
METODE PSIKOLOGI YANG DIAPLIKASIKAN PADA TEKNOLOGI PENDIDIKAN


Oleh:
1.Gilang Ilham.F              (121024036)


TP_B 2012

PRODI KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2012




Metode Penelitian Kognitif dan Behavioris Psikologi yang Diaplikasikan dalam Teknologi Pendidikan

Didalam teknologi pendidikan diajarkan berbagai teori seperti behavioristik dan kognitif.behavioristik sendiri untuk mengetahui sejauh mana respon dan rangsang yang dialami oleh objek.Maka daripada itu rangsangan awal tidak boleh hilang,dan harus diteruskan dengan rangsangan yang dapat membuat objek merespon.Untuk merangsang objek agar mau belajar,maka dibutuhkanlah ilmu psikologi.Begitu juga dengan adanya teori kognitif,kita dapat mengetahui keadaan psikis objek,perasaan objek yang mempengaruhi bagaimana dan yang dipelajari.Karena pada dasarnya,teori kognitif lebih memfokuskan pada proses belajar untuk mengerti dunia yang membutuhkan psikologi yang kuat.

Beberapa teori psikologi yang mempengaruhi langsung penerapan teknologi pendidikan:
1.Tingakah laku yang diperkuat lebih besar kemungkinanya untuk kembali.
2.Pemberian bantuan yang terlalu banyak menyebabkan berkembangnya rasa tidak mampu.
3.Penguatan positif cenderung lebih berhasildari yang negatif.
4.Mengulang segera sesudah mempelajari sesuatu,mengurangi kemungkinan untuk melupakan dll.

Aplikasi teori behaviorisme dalam teknologi pendidikan
Menurut  Skinner,penyelidikan mengenai kepribadian hanya sah jika memenuhiberbagai criteria ilmiah.Bagi Skinner,studi mengenai kepribadian ditujukan pada penemuan pola yang khas dari kaitan antara tingkah laku organisme dan bebagai konsekuensi yang diperkuatnya.
Skinner telah menguraikan sejumlah teknik yang digunakan untuk mengontrol perilaku.Kemudian banyak di antaranya dipelajari oleh social-learning theoritists yang tertarik dalam modeling dan modifikasi perilaku.(Wulandari&Sujatno,1997).
Teknik tersebut adalah sebagai berikut:
1.Pengekangan fisik(physical restraitns)
2.Bantuan fisik(physical aids)
3.Memanipulasi kondisi emosional(manipulating emotional conditions)
4.Melakukan respons-respons lain(perfoming alternative responses)
5.Mengubah kondisi stimulus(changing the stimulus conditions)
6.Menguatkan diri secara positif(positive self-reinforcement)
7.Menghukum diri sendiri(self punishment)
 Dari beberpa teknik tersebut ada yang bisa diaplikasikan dengan teknologi pendidikan.



Misalnya,
 -Teknik mengubah kondisi stimulus,menggunakan video proyektor untuk berlatih gerakan tari,gerakan senam,gerakan olahraga yang sulit dipahami.
-Menguatkan diri secara positif,kita menghadiahi seorang pelajar dengan memberi nilai yang tinggi setelah mengerjakan ujian dengan baik dan member uang atau yang lainya terhadadap elajar tersebut.
-Memanipulasi kondisi emosional,memberikan iringan musik kepda pelajar sebelum mengerjakan ujian agar memiliki suasana hati yang baik.

Aplikasi teori kognitifme dalam teknologi pendidikan
Pandangan teori kognitifme menyatakan bahwa organisasi kepribadian manusia tidak lain adalah elemen-elemen kesadaran yang satu sama lain saling terkait dalam lapangan kesadaran(kognisi).Kurt Koffka,membuktikan bahwa simpanse dapat mengamil pisang yang terletak di luar kandangnya dengan menyambung dua batang pipa,walaupun simpanse itu belum pernah mendapatkan pengalaman seperti(Sarwono,1977).
Dalam teori ini ,unsure psikis dan fisik tidak dipisahkan lagi karena keduanya termasuk dalam kognisi manusia.Bahkan,dengan teori ini dimungkinkan juga faktor-faktor di luar diri dimasukkan(diwakili) dalam lapangan psikologis atau lapangan kesadaran seseorang.
    Contoh aplikasi teori kognitif dalam teknologi pendidikan(pembelajaran),jika seorang guru akan mempresentasikan pelajaran yang akan diberikan kepada siswa SD maka guru itu perlu menggunakan media video dan musik yang bercirikan anak-anak yang memiliki instrumen ceria dan berwarna,bahasa dan cara berfikir siswa SD berbeda dengan orang dewasa.Oleh karena itu guru mengajar dengan menggunakan media dan bahasa yang sesuai dengan cara berfikir anak,anak-anak akan belajar lebih baik apabila dapat menghadapi lingkungan yang baik.Di dalam kelas sebaiknya siswa diberikan peluang untuk bertanya dan berdiskusi dengan teman lainya agar bisa belajar sesuai perkembanganya.
    
       Kesimpulanya bahwa pengaplikasian psikologi pendidikan terhadap teknologi pendidikan sangat erat karena dalam membuat strategi belajar dan untuk mengetahui teknik yang baik maka terleih dahulu kita harus mengerti ilmu psikologi.

Sumber:Sobur Alex.Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah.2003.Bandung:Pustaka Setia.




BAGI YANG INGIN COPY PASTE JANGAN DI COPAS SAJA
TAPI DIBACA n KASIH COMENT
               
Posting Komentar