Slide

Senin, 22 April 2013

Touring Pulau Sempu Malang

Saya akan menceritakan dan berbagi pengalaman Touring atau bahasa alainya yaitu mbolang ke Pulau Sempu-Malang,perjalanan saya mulai dari Surabaya.
 Foto:Sendang Biru
Sebelum teman-teman berangkat ke Pulau Sempu saya mempunyai beberapa saran kepada anda supaya dalam mbolang kesana memiliki kesan yang menyenangkan ibaratnya happy ending hehehehe.
Saran: -Sebaiknya persiapkan membawa bekal dan kordinasi dengan teman anda peralatan yang dibawa kesana karena medan dan tracknya susah dan jauh,lebih baik membawa tenda(menginap) kalau ingin kesana
(peralatan yang dibawa:Senter,GPS,Bekal Makan dan Minum secukupnya,sepatu tracking,Tenda,alat dokumentasi karena pemandangan disana luar biasa indah).
-usahakan memiliki kondisi tubuh yang prima karena akan menempuh dan melakukan tracking yang memiliki medan sulit.
-kalau kesana lebih baik dengan rombongan cukup banyak
-harga perahu penyebrangan berkisar 200-250rb antar jemput,guide menuju sendang biru berkisar 100-150rb (mintalah nomer telpon pemilik perahu supaya mudah untuk kordinasi).
-minta izin ke petugas konservasi hutan(BKSDA) setempat,takut jika ada hal yang tidak dimungkinkan karena mereka bisa membantu.
-usahakan kalau ingin menyebrang kesana pagi hari karena jalan lebih mudah dilalui pada pagi
-Terakhir,selalu panjatkan Doa dan selalu ingat kepada tuhan

Gambar: dermaga penyebrangan

Saya dan sahabat berangkat dari surabaya tepatnya kumpul di taman pelangi jl.ahmad yani berangkat menuju P.Sempu menggunakan Sepeda motor,karena kami berencana pagi hari sampai dermaga jadi kami dan teman-teman berangkat dari surabaya sekitar pukul 12.00 malam,sebaiknya jika membawa motor memiliki kondisi motor yang prima terutama lampu dan kondisi ban motor,karena medan menuju sempu memiliki jalan tanpa penerangan dan kondisi jalan naik turun.
setelah 5 jam perjalanan kami sampai di dermaga sekitar pukul 05.00 pagi, kami persiapan(prepare) sebelum memasuki pulau, karena kita akan melalui hutan dan kawasan konservasi.

Gambar: kondisi dalam pulau

setelah persiapan selesai kami langsung menyewa kapal penyebrangan dan menyebrang menuju pulau sekitar 5menit,sesampai dipulau kami kaget melihat track dan kondisi jalan yang berlumpur hampir selutut orang dewasa karena pada waktu itu musim penghujan.perjalanan menuju segar anakan sekitar 3-5jam atau sekitar (7-10km) tergantung tim kita bergerak.
setelah menguras keringat dan perjalanan susah payah kami berhasil mencapai pantai segar anakan meskipun kami sempat tersesat selama 1 jam,hehehehe.
kalian tidak akan merugi sesampai dipantai segar anakan karena akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah sekali,Subhanallah.
namun saya masih menyayangkan terhadap para pengunjung disana karena kurang menjaga kondisi lingkungan dan sampah berserakan di setiap jalan menuju pantai segar anakan.
Sekian artikel dan cerita dari saya semoga membantu buat teman-teman yang ingin berpetualang ke Pulau Sempu-Malang.